"Solo Pasti Ngangeni", Tema Bengawan Solo Travel Mart 2025
Bengawan Solo Travel Mart 2025 adalah salah satu kegiatan tahunan Dinas Pariwisata Kota Surakarta bersama Asosiasi Stakeholder untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi pariwisata daerah yang dimotori oleh Association of The Indonesia Tours adn Travel Agencies (ASITA) DPC Surakarta, sebagai bentuk konstribusi pihak swasta dalam memperkenalkan dan mengembangkan potensi wisata di Kota Solo.
Mengusung tema "Solo Pasti Ngangeni" pada tahun ke-12 ini Bengawan Solo Travel Mart 2025 memiliki tujuan utama yaitu untuk menatap pariwisata Solo Raya ke depan selaras dengan perkembangan Kota Solo menjadi kota metropolis yang tetap mampu merawat kekayaan tradisi dan nilai-nilai luhur kebudayaan Jawa hingga kini.
Ditambah dengan perkembangan daya dukung pengelolaan destinasi wisata yang sudah sesuai dengan konsep 3A: Atraksi, Aksebilitas dan Amenitas. Pada kesempatan kali ini buyer akan diajak mengunjungi berbagai obyek wisata Solo Raya Bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dengan mendatangkan buyer dari berbagai negara, seperti: Malaysia, Philipina, China, Korea Selatan, Jepang, Dubai dan dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti dari: Jogja, Semarang, Wonosobo, Pati, Sidoarjo, Malang, Bogor, Tangerang, Balikpapan.
Bengawan Solo Travel Mart 2025 dilaksanakan dengan 2 skema, yakni: bagi buyer kedatangan mulai dari tgl 6 Mei 2025 dan kegiatan berakhir pada tanggal 8 Mei 2025, sedangkan untuk kegiatan travel mart pada 8 – 10 Mei 2025 di Atrium Solo Square Mall. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari, dengan format B2B (Business-to-Business) selama 1 hari dan B2C (Business-to-Consumer) selama 2 hari.
B2B (Business-to-Business)
Advertisement
Hari pertama acara ini akan difokuskan pada kegiatan B2B, yang bertujuan untuk membangun jaringan dan kerjasama bisnis antara para pelaku industri pariwisata dan stakeholder. Kegiatan ini akan meliputi meeting one-on-one, seminar, dan workshop yang membahas tentang kesempatan investasi dan pengembangan pariwisata di Solo.
B2C (Business-to-Consumer)
Pada hari kedua dan ketiga, acara ini akan dibuka untuk umum dan menampilkan berbagai kegiatan, termasuk pameran produk wisata, penampilan budaya, dan promosi paket wisata. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan informasi tentang destinasi wisata di Solo, serta melakukan booking paket wisata langsung dengan penyedia jasa wisata.Kota Solo yang sekarang jelas berbeda. Bukan hanya terkesan menuju kota modern, tetapi efektivitas kota perubahan signifikan. Bukan hanya aktivitas budaya seperti masa lalu, tapi Solo menjadi kota tujuan para travellers, para pelancong.
"Solo Pasti Ngangeni" adalah tema yang sangat tepat untuk menggambarkan keindahan dan keunikan Solo. Kami berharap acara ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Solo dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata," kata Gatot Budi Karyono, Ketua Panitia Bengawan Solo Travel Mart 2025.